Sabtu, 11 Maret 2017

Definisi Kewirausaan dan Perencanaan Bisnisku

Kewirausahaan merupakan istilah yang umum dan sering kali kita dengar. Definisi singkatnya, kewirausahaan adalah sikap, tindakan atau kemampuan untuk membuat sesuatu yang unik dan bermanfaat bagi orang lain atau diri pribadi. sikap Kewirausahaan merupakan sikap mental dan jiwa yang kreai, inovatif, dan berdaya guna yang dibuat untuk memperoleh pendapatan dari usaha yang dilakukan.

Sementara, para ahli mempunyai pengertian kewirausahaan atau wirausaha menurut mereka masing-masing, di antaranya:

Arif F. Hadipranata
Menurutnya, wirausaha adalah sosok orang yang berani mengambil resiko dari semua kegiatan usaha yang dilakukan.

Thomas W Zimmerer
Menurut beliau, yang dimaksud dari wirausaha adalah penerapan inovasi dan kreativitas dalam memecahkan berbagai permasalahan dan mampu memanfaatkannya menjadi keuntungan.

My Business Plan

Latar Belakang Usaha
Ketika mengerjakan tugas atau menyelesaikan pekerjaan, banyak orang yang melakukannya diselingi dengan memakan makanan ringan atau minuman berasa. Kafe menjadi pilihan tempat favorit untuk melakukannya. Terlebih bila didukung fasilitas free wifi.

Bentuk Usaha
Kafe yang menjual berbagai macam makanan ringan dan minuman yang didisain seperti suasana rumah agar pelanggan merasa nyaman. Tersedia juga buku-buku yang dapat dipinjam di lokasi layaknya perpustakaan atau ruang baca di rumah.

Lokasi Usaha
Kawasan dekat kampus di Ibu Kota.

Rencana Usaha
  • Langkah Persiapan Usaha
  1. Riset pasar untuk menentukan selera pasar, konsep yang sesuai dan penentuan pasar potensial terbaik untuk usaha.
  2. Membangun kafe dan mendekornya di tanah yang sudah ada.
  3. Mengurus perijinan usaha.
  4. Menyiapkan tenaga kerja untuk koki, barista dan pelayan.
  5. Menyiapkan sumber suplai bahan baku kualitas unggul.
  6. Menyiapkan perangkat produksi sekaligus displaynya.
  7. Menyiapkan produk cemilan dan minuman yang sesuai dengan pasar.

  • Strategi Pemasaran
  1. Menentukan brand dan branding dari produk dan usaha, termasuk penentuan kemasan, penataan eksterior kedai berjalan dan penentuan seragam.
  2. Langkah perkenalan dengan soft opening.
  3. Pembuatan akun instagram, facebook, twitter dan website sebagai media promo.
  4. Prekruitan tenaga pemasar yang siap melakukan pemasaran online dan pemasaran offlinedan mencari peluang promosi dalam beberapa event lokal.
  5. Langkah perkenalan dengan bulan harga promo yang disebar luaskan dengan beberapa informasi radio dan melalui promosi online yang kuat.
  6. Langkah promosi dengan mengajak pelanggan mengunggah foto di lokasi agar mendapat potongan harga.
  • Dana Pra Operasional (Rp 248.000.000,00)
  1. Biaya riset awal: Rp 5.000.000,00
  2. Membangun kafe: Rp 150.000.000,00
  3. Perabotan: Rp 60.000.000,00
  4. Peralatan operasional: Rp 3.000.000,00
  5. Seragam 10 pegawai Rp 1.500.000,00
  6. Proses rekrutmen: Rp 500.000,00
  7. Perijinan: Rp 1.000.000,00
  8. Biaya promosi: Rp 7.000.000,00
  9. Pasukan bahan produk: Rp 10.000.000,00
  10. Upah tenaga kerja 10 pegawai: Rp 20.000.000,00

  • Estimasi Pendapatan Minggu Pertama(Rp 45.000.000,00)
  1. Penjualan makanan (600 porsi): Rp 18.000.000,00
  2. Penjualan minuman (450 porsi): Rp 27.000.000,00

  • Estimasi Keuntungan Per Bulan: Rp 25.000.000,00

  • ROI: 12 bulan



---
http://www.pojokbisnis.com/entrepreneurship/contoh-bisnis-plan-sederhana-kedai-kopi-berjalan
https://www.slideshare.net/RitaDamaiYanti/bisnis-plan-coffee-shop-dan-mini-library-379

Tidak ada komentar:

Posting Komentar